idm+crek

Posted: March 15, 2011 in Uncategorized

baru-nih sy instal ulang leptop sialan nih gara-gara windosnya koruptor (gayus tambunana wkwkwwkkwwk) piss, okeh langsung aja ya apa sih idm tuhhhh?, idm itu adalah sofwer  yg mampu meningkatkan kecepatan downlodad 5 kali lebih cepat…. jadi bisa buat buka browser bisa tapi lebih baik pake google chrom aja biar cepet nah klw idm pake download aja lebih gampang end simpel bangettttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

awalnya saya mencari CD yg ilang ihhhh capek baget ternyata di dalam CD or dibilang dvd nih ada IDM, nah berhubung bxk yg nanya di kampus ada gc registrasinya saya ada, tapi hanya creknya aja, klw mau downdload crek di sini ya🙂

dan nih idmnya

:) foxy tunes ym :)

Posted: March 3, 2011 in yahoo!!!!

wah berawal dari pengen denger lagu saya berinisiatif mengeledah ym mengulas tentang ym sedikit saja yg sy akan bahas ya itu foxy tones, foxy tones adalah progaram yang difungsikan untuk mendengarkan lagu kepada orang-orang yang kita ajak berkomunikasi, memang dulu sebelum ada foxy tunes ini orng berfikir kenapa hanya bisa berbicara saja dan gak bisa dengar lagu bareng-bareng, maka di hadirkan lah foxy tunes ini

em gak husuk rasanya klw yman tanpa foxy tones

silahkan downdlod di sini tapi harus secara onlien okeh

WINRAR

Posted: March 2, 2011 in Uncategorized

WinRAR merupakan salah satu program yang memiliki banyak fungsi yang cukup populer dibidang pengompresan data. Dengan program ini kita bisa mengkompres file-file apa saja. jadi jika di PC kita banyak terdapat file2 yang berserakan maka kita bisa menyatukannya dengan program ini dan file2 yang kita satukan itu juga secara otomatis akan ter kompress file -a ehingga tentunya akan menghemat space hardisk di PC kita.

Fiture lainnya dari winrar ini adalah mendukung semua format kompresi populer ( RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, ACE, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z and 7-Zip ) …. Dan jika menurut anda ada folder-folder ataupun file – file penting yang harus dan tidak ingin orang lain membukanya maka dengan program ini kita bisa memberi sebuah password di folder ataupun files itu.

Jadi intinya saya rasa semua PC wajib ada program yang satu ini

Apalagi sekarang teman-teman bisa mendownload yang Full Version teman-teman bisa mendownload winrar versi

winrar 4.1.56

camfrog 5.3 beta

Posted: March 2, 2011 in Uncategorized

ihhhh asikkk camfrog nih hahahah biar aQ jelasin apa cih camfrog itu, camfrog adalah sebuah program layanan streaming video chating yang bisa melihat orang sekaligus tanpa harus permisi “permisi mau liat hahahah”, jadi kita tahu siapa orang – orang yang main camfrog, karena selain buat chating, bisa mencari jodoh, bisnis, rekan kerja, bahkan melakukan yang negatif juga bisa dilakukan(dasar ngeres :P), nah maka dari itu camshare membuat streaming video chating ini dengan fasilitas room server sistem tracking room, untuk di Deaf, General, dan 18+ untuk kepentingan yang dibutuhkan, misalnya yang hendak dimanfaatkan, kuliah / belajar jarak jauh untuk menambahkan ilmu-ilmu pendidikan atau pelajaran-pelajaran sekolah yang tertinggal bisa diteruskan dirumah masing-masing, berbisnis di internet, rapat antara hotel – hotel, belajar bahasa di seluruh dunia tanpa harus kursus lagi,dan lain – lain , pokonya camfrog wahhhhh banget dechhh,apalagi kalau ingin cari temen atau bahkan jodoh, entar bisa mati tidur di internet….Swear dah nih keren bgt….!!!  karena kita juga bisa melihat seratus orang sekaligus (jika menggunakan Camfrog Pro) dan berkenalan tanpa harus konfirmasi sebelumnya, enak khannnnn !!!

software layanan internet ini yang memiliki fitur dan kelebihan tersendiri dibandingkan program chating lainnya, Camshare LC (Camfrog) menawarkan sebuah layanan komunikasi Internet yang inovatif yang memungkinkan Anda untuk melihat, mendengar, dan chatting dengan orang di seluruh dunia, Camfrog ini dikembangkan menggunakan webcam asli streaming video chat dan pesan instan SDK (software development kit) yang dikembangkan dari awal oleh Camshare LLC tahun 2003, Camshare dapat membuat video chat yang serupa atau sistem pesan instan untuk mereka dalam jangka waktu singkat, Pengembang perangkat lunak Camshare mengkhususkan diri dalam pengembangan perangkat lunak webcam video streaming, codec, olah pesan cepat klien / server, dan direktori kencan perangkat lunak. Camfrog dari segi pendidikan dapat digunakan belajar maupun kuliah dari jarak jauh bersama guru, dosen dan teman – teman, untuk kalangan bisnis Camfrog mampu digunakan sebagai Rapat dan pertemuan – pertemuan resmi dan bisa dikatakan merupakan tempat bagi pengguna untuk bersenang-senang dan berinteraksi dengan menggunakan teknologi perangkat lunak baru ini, hingga saat ini lebih dari 30 juta download dan jutaan user terdaftar di seluruh dunia, dengan kwalitas video dan audio yang sangat menkajubkan dan dengan kehadiran camfrog saat ini sangat mudah untuk berinteraksi dengan orang baru bahkan orang – orang pembisnis dan camfrog (CF) mampu membuat iklan yg lebih cepat layaknya sebuah website dan di pernik Video Call 100% tanpa biaya (gratis)

downdload di sini ya  :))))

camfrog 5.3 beta

camfrog 5.0

cara menginstal camfrog 5.3 beta

cara instal camfrog 5.3 beta

Posted: March 2, 2011 in Uncategorized

langakah-langkah menginsatal camfrog em setelah anda downdload anda klik dobel pada menu ikon seperti gambar dibawah ini

camfrog

setelah di downdload klik menu hingga terbuka tampilan instal seperti dibawah ini lalu klik run




lalu kelik i agree-install

tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai

finish klik tanda merah tersebut lalu anda akan dibawa ke proses pendaftaran

cara pendaftarannya  seperti di bawah ini isi nickname usahakan anda buat sebagus-bagus mungkin karna yang akan anda gunakan untuk membuka camfrog adalah nick name dan paswod
setelah anda isi paswod dan nickname anda
isi lah e-mail anda klw saran aku anda gak butuh membuat e-mail yg baru tinggal anda buat ngaco aja boleh dengan sarat di tambah @ymail.com,@yahoo.com,@gmail.com, dll. diblakang nama atau anda bisa menggunakan e-mail yg sudah ada. kemudian kelik kelamin anda dan lokasi itu aja dan satu lagi usahakan sinyal yang anda gunakan waktu mendaftar kenceng/lagi cepetnya sped internetnya
gambar pendaftaran
klik sing in maka masuk lah seperti tampilan berikut
thq dah mau membaca🙂

yahoo! Messenger 11 offline

Posted: March 2, 2011 in yahoo!!!!

Yahoo! telah merilis versi Yahoo Messenger 11 Beta yang sekarang ini tersedia untuk di download gratis. YM merupakan chat client terpopuler dan versi YM 11 ini membuatnya menjadi sangat menarik.

Selain sebagai sebuah layanan IM, dan memungkinkan anda untuk melakukan panggilan telepon juga video calls, dengan Yahoo Messenger 11 (YM 11) anda dapat cetind di facebook, memainkan game-game populer yang milik Zynga, Elex juga OMGPOP langsung dari YM. Game-game tersebu ialah:

  • Fishville dan Mafia Wars dari Zynga – Statusnya segera
  • Balloono, Pool, Draw My Thing dari OMGPOP
  • Happy Harvest & Happy Manor dari Elex

Selain fitur-fitur diatas, dengan YM 11 anda dapat mengelola semua kehidupan sosial anda dalam satu tempat dan tetap terhubung dengan grup-grup teman, mantab bukan fitur-fitur yang ditawarkan Yahoo Messenger 11?

Fitur suara juga di tingkatkan dgn hasil suara makin jernih n kalian bisa ngobrol dgn video kualitas gambar yg tinggi n mode layar penuh..😀

Nah diposting ini saya bagikan informasi download Offline Installer Yahoo Messenger 11 (YM 11) agar anda lebih cepat mendownload juga menginstallnya, tanpa perlu melakukan instalasi manual versi Yahoo! yang butuh waktu lama dan bandwidth.

Silahkan download YM 11 offline installer via link berikut ini:

ym11 offline free

foxy tones for ym

apa sih edema serebral itu??😦

edema serebral, atau yg lebih canggihnya tuh edema parenkim otak, adema adalah peningkatan kandungan air  di dalam parenkim otak. edema serebral dapat timbul pada beragam penyakit. secara umum, edema ini dapat digolongkan menjadai edema vasogenik atau edema sitotoksik.

nah tau gak yang namanya edema vasogenik dan edema sitotoksik hem apa ayohhh😦

ih gampang kok hehehe🙂

edema vasogenik itu terjadi jika integritas sawar darah-otak terganggu sehingga cairan lolos dari pembuluh darah ke dalam ruang intersitisial otak (edema intersitisial). tidak adanya drainase limf yang signifikan di otak sangat menghambat resorpsi  cairan ekstrasel yang berlebihan. edema mungkin bersifat lokal, seperti pada kasus permeabilitas abnormal pembuluh di sekitar abses dan neoplasma, atau terjadi secara lebih menyeluruh.

ketinggian edema serebral Tinggi (atau HACE ) adalah bentuk parah (kadang-kadang fatal) penyakit ketinggian . HACE is the result of swelling of brain tissue from leakage of fluids from the capillaries due to the effects of hypoxia on the mitochondria -rich endothelial cells of the blood-brain barrier. HACE merupakan hasil dari pembengkakan jaringan otak dari kebocoran cairan dari kapiler karena efek hipoksia pada mitokondria kaya sel endotel dari penghalang darah-otak.

Symptoms can include headache, loss of coordination (ataxia), weakness, and decreasing levels of consciousness including disorientation, loss of memory, hallucinations, psychotic behavior, and coma. Gejala dapat termasuk sakit kepala, kehilangan koordinasi (ataksia), kelemahan, dan tingkat penurunan kesadaran termasuk disorientasi, kehilangan memori, halusinasi, perilaku psikotik, dan koma. It generally occurs after a week or more at high altitude . Hal ini biasanya terjadi setelah seminggu atau lebih pada ketinggian tinggi . Severe instances can lead to death if not treated quickly. kasus yang parah dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. Immediate descent is a necessary life-saving measure (2,000 – 4,000 feet). keturunan segera adalah ukuran menyelamatkan nyawa diperlukan (2.000 – 4.000 kaki). There are some medications (eg dexamethasone ) that may be prescribed for treatment in the field, but these require proper medical training in their use. Ada beberapa obat (misalnya deksametason ) yang dapat ditentukan untuk perawatan di lapangan, tapi ini memerlukan pelatihan medis yang tepat dalam penggunaannya. Anyone suffering from HACE must be evacuated to a medical facility for proper follow-up treatment. Siapa saja yang menderita dari HACE harus dievakuasi ke fasilitas medis untuk pengobatan yang tepat tindak lanjut. A gamow bag can sometimes be used to stabilize the sufferer before transport or descending. Sebuah tas Gamow kadang-kadang dapat digunakan untuk menstabilkan penderita sebelum transportasi atau turun.

edema sitotoksik, sebaliknya, mengisaratkan peningkatan cairan intrasel (edema intrasel) akibat cedera sel, seperti yang mungkin ditemukan pada penderita hipokisik-iskemik generalisata. pada situasi ini, kegagalan energi ditingkat sel menyebapkan kelainan transpor ion yang menyebapkan, pada giliranya, peningkatan penimbunan air di dalam sel. pada praktiknya, keadaan yang di tandai denganedema generalisata biasanya berkaitan baik dengan elemen edema vasogenik maupun sitotoksik.

edema osmotik

Biasanya-tulang belakang cairan otak (CSF) dan cairan ekstraselular (ECF) osmolalitas dari otak sedikit lebih rendah dari plasma. When plasma is diluted by excessive water intake (or hyponatremia ), syndrome of inappropriate antidiuretic hormone secretion (SIADH), hemodialysis , or rapid reduction of blood glucose in hyper osmolar hyperglycemic state (HHS), formerly hyperosmolar non-ketotic acidosis (HONK), the brain osmolality will then exceed the serum osmolality creating an abnormal pressure gradient down which water will flow into the brain causing edema. Ketika plasma diencerkan dengan asupan air yang berlebihan (atau hiponatremia ), sindrom hormon antidiuretik tidak sesuai sekresi (SIADH), hemodialisis , atau pengurangan cepat darah glukosa dalam hiper osmolar hiperglikemia negara (HHS), ketotic asidosis hiperosmolar non-dahulu (klakson), osmolalitas otak kemudian akan melebihi osmolalitas serum menciptakan gradien tekanan abnormal down yang air akan mengalir ke otak yang menyebabkan edema.

edema intersalisial

Occurs in obstructive hydrocephalus. Terjadi pada hidrosefalus obstruktif. This form of edema is due to rupture of the CSF-brain barrier resulting in trans-ependymal flow of CSF which causes CSF to penetrate the brain and spread to the extracellular spaces and the white matter. Bentuk edema akibat pecahnya hambatan CSF-otak yang mengakibatkan arus trans-ependymal dari CSF yang menyebabkan CSF untuk menembus otak dan menyebar ke ruang ekstraselular dan materi putih. This is differentiated from vasogenic edema in that interstitial cerebral edema CSF contains almost no protein. Hal ini dibedakan dari edema edema yang vasogenic di otak interstisial CSF protein mengandung hampir tidak ada.

MORFOLOGI

otak yang edematosa terasa lebih lunak daripada normalnya dan sering tampak “memenuhi” kubah tengkorak. pada edema generalisata, girus mendatar, sulkus yang terdapat di antaranya  menyempit, dan rongga ventrikel tertekan. seiring dengan membesarnya otak, berbagai pola herniasin bisa terjadi.

REFRENS

  1. ^ Van Osta A, Moraine JJ, Mélot C, Mairbäurl H, Maggiorini M, Naeije R (2005). “Effects of high altitude exposure on cerebral hemodynamics in normal subjects” . STROKE 36 (3): 557–560. doi : 10.1161/01.STR.0000155735.85888.13 . PMID 15692117 . http://stroke.ahajournals.org/cgi/content/full/36/3/557 . ^
  2. ^ Qureshi AI, Suarez JI (2000). “Use of hypertonic saline solutions in treatment of cerebral edema and intracranial hypertension”. Critical Care Medicine 28 (9): 3301–3313. doi : 10.1097/00003246-200009000-00032 . PMID 11008996 . “Penggunaan larutan saline hipertonik dalam pengobatan edema otak dan hipertensi intrakranial”:. Critical Care Medicine 28 (9) 3301-3313. DOI : 10.1097/00003246-200009000-00032 . PMID 11008996 .
  3. Heiss JD, Papavassiliou E, Merrill MJ, Nieman L, ksatria JJ, Walbridge S, Edwards NA, Oldfield EH (1996). “Mekanisme penekanan deksametason tumor terkait permeabilitas vaskular-otak pada tikus. Keterlibatan dari reseptor glukokortikoid dan pembuluh darah permeabilitas faktor “ 1400-1408. Journal of Clinical Investigation 98 (6).: DOI : 10.1172/JCI118927 . PMID 8823305 . PMC 507566 . http://www.jci.org/articles/view/118927
  4. ^ Raslan A, Bhardwaj A (2007). “Medical management of cerebral edema”. Neurosurgical focus 22 (5): E12. doi : 10.3171/foc.2007.22.5.13 . PMID 17613230 . “Medical manajemen edema otak”.. Neurosurgical fokus 22 (5): E12 DOI : 10.3171/foc.2007.22.5.13 . PMID 17613230 .

GENETIKA

Posted: February 2, 2011 in Uncategorized

GENETIKA

  • Ilmu keturunan
  • à bagian dari ilmu hayat yang mempelajari turun temurunnya sifat-sifat induk atau orang tua kepada keturunanya.
  • Merupakan ilmu pengetahuan dasar dalam usaha menyediakan bibit tanaman dan ternak unggul dalam bid. Pertanian dan peternakan.
  • Yang pertama melakukan percobaan dalam bidang genetika à Gregor Mendel à “Mendelisme”

Mendelisme

  • Sertiap mahluk memiliki sifat alamiah à mengadakan keturunan agar supaya jenisnya tidak punah.
  • Pembiakan ada dua cara :
  1. Vegetatif (aseksual) à dengan beberapa cara yaitu : pembelahan sel, spora, stek, cangkokan dll. Keturunannya selalu sama dengan induknya
  2. Generatif à organisme tingkat tinggi
  • Pembiakan generatif mempunyai mempunyai arti yang penting pada genetika

Perkawinan Monohibrid

  • Dalam percobaanya Mendel memilih kacang ercis karena:
  1. Tanaman ini hidupnya tak lama, mudah tumbuh dan mudah disilangkan
  2. Memiliki bunga sempurna shg bisa kawin silang dengan bantuan orang atau penyerbukan sendiri. Penyerbukan sendiri à galur murni
  3. Tanaman ini memiliki 7 sifat perberbedaan yang menyolok seperti  batang tinggi lawan kerdil, polongan hijau lawan kuning, bunga ungu lawan putih, bunga terletah sepanjang batang lawan ujung, biji masak hijau lawan kuning, biji licin lawan kisut, warna kulit biji abu-abu lawan putih
  • Mendel mengawinkan ercis berbatang pendek Vs tinggi à keturunannya semua berbatang tinggi
  • Sifat tinggi mengalahkan sifat pendek, sifat ini disebut “ DOMINAN “, yang dikalahkan disebut  “RESESIF”
  • Tanaman keturunan pertama dibiarkan menyerbuk sendiri terdapat perbedaan hasil  berbatang tinggi    :    kerdil  àkira-kira ¾ : ¼
  • Pada percobaan mendel mempergunakan lambang seperti :
  • P (parens) = induk / asal / orang tua
  • F (fillus) = keturunan  F1 = keturunan pertama, F2 = keturunan ke dua dst
  • = Jantan
  • = Betina
  • Gen dominan diberi tanda huruf besar dan resesif huruf kecil.
  • Contoh
  • TT : simbol berbatang tinggi
  • Tt  : simbol berbatang kerdil
  • Percobaan mendel
  1. TT (tinggi)  x       tt  (Kerdil)

Gamet      T             gamet      t

Tt Tinggi

F1 x F1

F1 x F1             Tt         x              Tt

Game   T                        gamet            T

t                                               t

Sifat keturunan

  • Sifat yang dapat diamati à fenotif
  • Sifat dasar yang tidak nampak pada suatu individu à genotif
  • Anggota dari sepasang gen yang berlawanan à Alel ( misal T à tinggi dan t à kerdil ) jadi T & t adalah alel
  • Homozigot à individu yang genotifnya mempunyai alel yang sama ( TT, tt )
  • Hetrozigot à individu yang genotifnya mempunyai alel yang tidak sama ( Tt,)
  • Hasil perkawinan antara dua individuyang mempunyai sifat beda à hibrid.
  • Monohibrid à suatu hibrid dengan satu sifat beda.

Kesimpulan perkawinan monohybrid

  1. Semua individu F1 adalah seragam
  2. Jika dominasi nampak sepenuhnya, maka F1 memiliki fenotif seperti induk yang dominan
  3. Waktu F1 yang heterozigot yang membentuk gamet gamet terjadi pemisahan alel, sehingga gamet hanya mnemiliki satu alel
  4. Jika dominasi nampak sepenuhnya, maka perkawinan monohibrida (Tt x Tt) menghasilkan keturunan yang memperlihatkan perbandingkan fenotif 3 : 1 ( yaitu tinggi ¾ : ¼ kerdil), perbandingan genotifnya 1 : 2 : 1

Perkawinan monohibrid pada manusia

Jari lebih (polydactyli ditentukan oleh gen dominan P, sedangklan alel p menentukan jari normal. Suami polydactyli mempunyai 3 orang anak. Anak I & II laki-laki polydactyli dan anak ke 3 perempuan normal. Bagaimanakah genotif dari individu tsb

  • Perkawinan resiprok (perkawinan kebalikan) à perkawinan yang merupakan kebalikan yang semula dilakukan
  • Perkawinan balik ( Backross) à perkawinan antara F1 dengan induk betina atau jantan.
  • Contoh: jika marmot hitam homozigot BB dikawinkan dengan marmot putih (pp), semua keturunan F1 seragam hitam.
  • Jika dilakukan perkawinan balik antara F1 dengan dengan induk jantan, maka semua marmot F2 berwarna hitam meskipun genotifnya berbeda
  • Uji silang ( Testcross) à perkawinan antara F1 (hibrid) dengan individu yang dobel resesif. Hasilnya 50 % marmot hitam dan 50 % marmot putih

Perkawinan dihibrid

  • à perkawinan dengan dua sifat beda
  • B = gen untuk biji bulat
  • b = gen untuk biji keriput
  • K = gen untuk biji kuning
  • k  = gen untuk biji hijau
  • Bila kacang ercis bulat kuning X kisut hijau maka F1 bulat kuning.
  • Apabila tanaman F1 dibiarkan menyerbuk sendiri maka tanaman ini akan membentuk 4 macam gamet yaitu : BK, Bk, bK dan bk, maka F2 mempunyai 16 kombinasi dengan 4 fenotip à 9 bulat kuning : 3 bulat hijau : 3 kisut kuning : 1 kisut hijau

KROMOSOM

  • à benda-benda halus berbentuk batang panjang atau pendek, atau lurus atau bengkok, yang merupakan pembawa bahan keturunan
  • Terdapat didalam sel
  • Dalam sel yang sedang membelah biasanya dapat dilihat dengan mikroskop biasa
  • Salah satu bagian dari kromosom adalah sentromer à bagian yang membagi kromosom menjadi 2 lengan.
  • Kromosom homolog à kromosom yang diterima dari induk betina dan induk jantan serups.
  • Jumlah kromosom pada tubuh à diploid (2n)
  • Sel kelamin (gamet) à separuhnya à haploid (n)
  • Satu stel kromosom haploid dari satu spesies à genom
  • Kromosom dibedakan menjadi 2 à autosom (kromosom tubuh) dan Kromosom seks

Klasifikasi kromosom
1. berdasarkan letak sentromernya

  1. Telosentrik à sentromer pada bagian ujung
  2. Akrosentrik à sentromernya dekat ujung
  3. Submetasentrik à sentromernya dekat bagian pertengahan
  4. Metasentrik à sentromernya terletak ditengah-tengah
  • Bentuk kromosom ditentukan oleh kontriksi primer à penyempitan tempat pertemuan kedua lengan kromosom
  • Pada kontriksi primer terdapat daerah jernih yang merupakan setromer yang mengsandung kinetokhor.
  • Kinetokhor diduga membentuk kromosomal fibers pada saat mitosis
  • Berdasarkan sentromer ada 3 tife kromosom yaitu:
  1. Kromosom monosentrik
  2. Kromosom disentrik
  3. Kromosom polisentrik
  • Ciri lain kromosom à kontriksi sekunder yang mungkin terdapat disepanjang kromosom.
  • Bagian kromosom yang membentuk lengan à telomer.
  • Bagian kromosom yang berbentuk bulat/ memanjang yang dipisahkan oleh filamen kromatin à satelit
  • Kromosom yang memiliki satelit à kromosom SAT
  • Kontriksi sekunder yang berperan pada pembentukan nukleus à nucleolar organizer (nucleolar zone)
  • Jumlah kromatid dalam kromosom tergantung dari tahap sel yang bersangkutan, misal tahap G-1 /kromosom mengandung DNA, tahap S à 2 kromatid tiap kromosom
  • Untuk mengetahui dengan cepat kelainan kromosom dapat dibuat kariotipe/kariogram

kata selametq :) membuat makalah

Posted: February 2, 2011 in Uncategorized

🙂
helo deer eh gimana ngomongnya hehehe😛

marilah kita bersamam bersukur karana dengan adanya blog baru Q nih alahamdulilah fael saya yg menurut sy gak penting bisa disimpan

blok saya kebanyakan membahas mengenai kedokteran kenapa tidak karana dileptop saya teralu banyak makalah yg mesti disimpan or di apalah

saya bersukur bisa lulus perguruan tinggi unizar karana saya bisa punya banyak temen yg anah

” ada anata🙂 partner menghilalangkan setres hahaa dasar yuktasay hahaha :v

“yuda😛 teman yg bersamaan membuat blok walau pun bloknya agak ribet v berjuang lah killl jgn ampe jadi sukilll

“made😛 yg setres bantu in yuda buat blok

“nanik :v setres sendiri buka fb hahaha

“k2 ita😛 yg nama samarnya lata lata hahaha sebagai inspirasi untuk berjuang hore

“kebo🙂 kekasih hatiku eh dasar aneh ya masak aQ pacaran ma binatang hahaha pokonya sayank bggtttt❤

“yayan wah tuh mah yg sering gak sepakat klw saya gak sgd

“k2 fahmi n k2 acid yg temenin main cs 1.6 habis keren cih

🙂

yg paling sepesial tuah buat ortu ku
buat k2 ku
dan keksaih ku yg jauah disana

wessssss :))

nah berhubung gak tau lagi ya sudah komen saja lah bawel🙂